Cara Mengatasi Batuk Pada Bayi

Posted on

Sistem kekebalan tubuh pada bayi masih belum berkembanga sempurna. Sistem kerja organ tubuhnya juga masih belum sebagus kita yang sudah dewasa. Jadi untuk beberapa hal termasuk dalam mengobati penyakit kita tidak boleh sembarangan dan menyemakan seperti halnya pada manusia dewasa. Penyakit yang seringkali dialami oleh bayi adalah batuk. Meskipun bukan penyakit yang mematikan, namun batuk ini bisa sangat mengganggu istirahat si kecil.

Bahkan jika tak kunjung sembuh batuk ini sangat berbahaya bagi kesehatan bayi. Kitapun tidak bisa mengobati batuk pada bayi dengan langsung memberikan obat. Lalu bagaimana cara mengobati batuk pada bayi?

Cara Mengobati Batuk Pada Bayi

Batuk pada bayi harus segera diobati karena jika tidak bayi tidak akan bisa beristirahat dengan nyenyak bahkan kesulitan saat sedang minum ASI. Tentu saja hal tersebut bukanlah hal yang bagus mengingat salah satu sumber makanan bayi hanya ASI. Maka dari itu beginilah cara mengobati batuk pada bayi yang benar.

Bayi sedang sakit batuk

Berikan madu

Salah satu cara untuk mengobati penyakit batuk ada bayi adalah dengan memberikan sedikit madu. Dalam masu, terkandung vitamin C yang dapat membantu memperkuat sistem imun tubuh dan meringankan batuk.

Memberikan uap panas

Cara lainnya yang bisa digunakan untuk meredakan batuk pada bayi adalah dengan memberikan uap panas. Uap panas bemanfaat untuk meringankan batuk serta hidung tersumbat karena flu. Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan memasak air panas, setelah itu tuangkan pada baskom maupun ember. Dekatkan bayi dengan baskom atau embernya agar terkena uap panas dari air tersebut.

Selain kedua cara di atas, untuk bayi yang sudah mengkonsumsi makanan selain ASI bisa juga diberikan makanan yang dapat meringankan batuk. Contohnya pudding, saus apel, dan juga yogurt. Jika usia dan berat badan sudah mencukupi syarat untuk mengkonsumsi paracetamol bisa anda pilih sebagai salah satu cara mengobati batuk pada bayi, gunakan paracetamol untuk bayi. Jika setelah cara tersebut anda lakukan namun batuk belum juga sembuh, sebaiknya hubungi dokter.