Waspadai Gejala Polip Rahim

Gejala Polip Rahim – Rahim adalah organ penting bagi seorang wanita. Di sinilah, tempat bayi tinggal selama 9 bulan, pada masa kehamilan. Organ penting ini bisa mengalami berbagai masalah kesehatan, dari mulai yang ringan hingga yang berat. Salah satu masalah yang sering kali terjadi adalah polip rahim. Polip rahim biasanya terjadi pada wanita yang sudah menjelang masa menopause. Keadaan ini mengindikasikan ada sesuatu yang tidak beres pada dinding rahim seorang wanita. Polip rahim merupakan benjolan yang terjadi pada dinding rahim dan menyebabkan penebalan pada dinding tersebut.

Apa Saja Gejala Polip Rahim?

Polip rahim seringkali tidak disadari bahwa sedang dialimi oleh seseorang. Gejala polip bisa menjadi penanda bahwa wanita tersebut mengalami polip rahim. Berikut ini merupakan gejala-gejala polip rahim yang sering terjadi :

Gejala Polip Rahim

  • Pendarahan Saat Sedang Haid
    Ketika seseorang mengalami haid, maka pendarahan merupakan hal yang sangat normal baginya. Namun, jika terjadi pendarahan di luar masa menstruasi tersebut, maka hal itu bisa mengindikasikan sebuah penyakit. Polip rahim bisa jadi adalah penyakit yang diindikasikan dengan munculnya pendarahan di luar siklus menstruasi.
  • Tidak Lancar Haid
    Haid yang tidak lancar merupakan salah satu gejala yang menandakan bahwa seorang wanita mengalami polip rahim. Namun, ketidak lancaran haid tersebut tidak bisa serta merta disimpulkan sebagai polip rahim. Gejala polip rahim lain juga harus menjadi acuan dalam menegakan diagnosa.
  • Sering Keguguran
    Keguguran berulang merupakan salah satu tanda adanya penyakit serius pada rahim seorang wanita. Dengan begitu, jika seseorang mengalami keguguran yang berulang, maka harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
  • Kesulitan Untuk Hamil
    Kesulitan untuk bisa hamil, bisa disebabkan oleh adanya penebalan dan peradangan pada dinding rahim. Oleh karena itu, rahim bisa sulit untuk bisa hamil. Hal ini harus segera diatasi dengan cara yang benar, supaya tidak mengganggu produksi reproduksi.
  • Sakit Perut Pada Perut
    Perut yang mengalami polip bisa merasakan sakit yang luar biasa. Rasa sakit tersebut bisa dibarengi dengan munculnya pendarahan di luar masa menstruasi.

Apa Faktor Pemicu Polip Rahim

Polip rahim bisa disebabkan oleh berbagai hal. Namun, ada beberapa faktor yang menjadi pemicu meningkatnya risiko polip rahim. Beberapa faktor tersebut antara lain :

  • Kegemukan
    Kegemukan merupakan faktor risiko yang menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Salah satu masalah yang bisa ditimbulkan oleh kegemukan adala polip rahim. Untuk itu, kendalikan berat badan dan hindari kegemukan, untuk menurunkan risiko polip rahim.
  • Penggunaan Obat Kanker
    Zat kimia di dalam obat kanker bisa berefek buruk pada rahim atau pernah mencoba cara menggugurkan kandungan yang tidak aman, salah satunya adalah polip rahim. Setiap obat kimia mempunyai efek samping yang buruk, jika dikonsumsi dalam jangka yang panjang.
  • Darah Tinggi
    Darah tinggi yang terjadi pada wanita pada masa menopause, dapat menyebabkan penebalan dinding rahim. Adanya perubahan hormon pada wanita yang disebabkan oleh darah tinggi ini, bisa meningkatkan risiko polip rahim.
  • Faktor Usia
    Wanita yang sudah lebih dari 40 tahun, rentan untuk mengalami iritasi mikroorganisme, virus dan bakteri. Selain itu, bisa terdapat luka menahun dan peradangan.

Segera Lakukan Pemeriksaan Ke Dokter

Untuk menghindari penyakit polip rahim lebih parah, maka jika ditemukan beberapa gejala di atas, harus segera dilakukan pemeriksaan. Pemeriksaan yang lebih awal dapat mencegah penyakit lebih parah. Dokter bisa memberikan solusi dengan memberikan penanganan yang tepat. Hal itu hanya bisa dilakukan, jika masalah kesehatan tersebut ditemukan lebih awal.

 

Bagaimana artikel ini membantu ?
  • Informasi terpercaya
  • Bukan hoax
5

Summary

Berikan kami masukan sesuai dengan apa yang Anda rasakan setelah membaca artikel kami ini.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Reply